Sabtu, 23 Januari 2016

Reading is My Life Style

Hello Readers, 

Membaca itu sudah jadi bagian hidup aku sedari kecil. Rasanya kalau belum membaca dalam sehari maka aku merasa ada yang kurang dalam keseharianku. Bisa dibilang kayak ada perasaan bersalah karena tidak melakukan ritual membaca. Ritual ? Iya ritual karena membaca memang harus aku lakukan setiap hari. 





Bagi kamu yang belum terbiasa untuk membaca, pasti merasa aneh ya kalau melihat orang di tempat umum seperti taman, kafe, bus kota, dan tempat umum lainnya sedang sibuk membaca. Mungkin kamu merasa orang itu seperti alien karena dia asik dengan dunianya sendiri. Padahal orang yang seperti itu keren lho, tetap asik tanpa merasa terusik dengan keramaian. Daripada sibuk dengan gadget mending sibuk membaca buku. Kalau di luar negeri, pemandangan seperti itu sangat lumrah karena tingkat kesadaran masyarakatnya untuk membaca sudah sangat tinggi.

Kenapa sih kita tuh harus membaca buku? Alasannya ya supaya menambah pengetahuan dan wawasan. Jadi orang yang gak tau apa-apa itu gak banget deh. Baca itu bisa dilakukan di mana saja. Menurutku, membaca buku juga bisa mengusir rasa bosan. Membaca bisa kita lakukan di waktu luang seperti saat menunggu orang atau bus, ketika bepergian sendiri di kendaraan, atau di rumah saat tidak ada yang dikerjakan. Selain itu, membaca juga bisa membuatmu keliling dunia melalui pikiran kamu. Banyak buku-buku tentang traveling atau kisah suatu negara yang seolah mengajak kamu ikut berkeliling ke tempat-tempat yang tertulis di buku.




Untuk membiasakan baca buku bisa dimulai dengan buku-buku ringan terlebih dahulu seperti novel. Kamu bisa membeli novel-novel atau buku kumpulan cerpen yang diterbitkan oleh Penerbit Buku Perempuan. Apalagi sedang ada Stiletto Shocking Sale, kamu bisa membeli buku di Stilletto Book dengan harga yang lebih murah dari biasanya. Ayo mulai sekarang sisihkan penghasilan atau uang jajan kamu untuk membeli buku. Jangan terlalu banyak digunakan untuk belanja, makan, atau hura-hura yang gak jelas.





Mengoleksi buku bisa diturunkan ke anak-anak atau bisa dipinjamkan ke orang lain dan kita mendapat pahalanya kalau memang buku itu bermanfaat bagi yang membacanya. Selain itu, kita juga bisa membaca kembali buku-buku yang kita punya kalau memang merasa ada hal menarik yang harus dibaca kembali. Dengan demikian, ingatan kita akan informasi penting dalam buku bisa direfresh ulang.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai kebaikan. Membaca itu berlangsung seumur hidup. Jika kita rajin membaca maka nanti anak-anak kita juga akan terbiasa membaca seperti aku yang suka membaca karena orangtuaku pun demikian.


Jangan ngaku anak gaul kalau kamu gak suka membaca... Yuk budayakan membaca di lingkunganmu, paling tidak tularkan budaya membaca buku kepada teman-teman dekatmu.






Nama Lengkap: Retno Ayu Kusumaningtyas
Akun Sosial Media: Twitter ID dan instagram @renayku (Retno Ayu Kusuma)
Alamat Email: retnoayukusuma.25@gmail.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar