Senin, 18 Januari 2016

Pulau Harapan, Pintu Ajaib Menuju Seribu Keindahan di Jakarta

Jakarta identik dengan bangunan besar, gedung bertingkat, jalanan protokol yang penuh sesak dengan kendaraan. Namun jangan salah, Jakarta juga memiliki wisata alam yang tak kalah indah dengan daerah lain di Indonesia yakni Kepulauan Seribu yang merupakan kumpulan pulau di kawasan Teluk Jakarta. Hal yang dapat dinikmati di sana antara lain keindahan bawah laut, pemandangan alam, konservasi hewan, hingga wisata kuliner ada di sana. 




Berminat untuk mengunjungi tempat ini?

Bagi Anda yang tidak berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, maka Anda bisa bepergian dengan kereta. Namun untuk Anda yang berada di luar Pulau Jawa atau tinggal di Pulau Jawa tetapi ingin perjalanan yang lebih singkat maka dapat memilih transportasi udara ke Jakarta. Anda dapat membeli tiket pesawat sesuai dengan budget liburan Anda. Maskapai favorit yang sering digunakan penumpang untuk bepergian seperti Garuda Indonesia, Citilink, Sriwijaya Air, dan masih banyak lagi. 

Setelah sampai di Bandara Soekarno Hatta atau Halim Perdana Kusuma maka traveler dapat melanjutkan perjalanan via darat menuju dermaga Kali Adem di Muara Angke atau ke Dermaga Marina Ancol dengan estimasi waktu sekitar 60 menit. Alternatif dermaga tersebut memiliki harga yang berbeda. Untuk bepergian ala backpacker dengan harga murah maka keberangkatan dimulai dari Muara Angke dengan harga sekitar Rp 50.000 per orang. Jika Anda menginginkan kenyamanan maka Anda dapat memulai perjalanan dari Dermaga Marina Ancol dengan harga tiket kapal cepat berkisar Rp 250.000 per orang.


Pulau Harapan. Satu dari sekian banyak pulau di Kepulauan Seribu yang wajib dikunjungi. Kenapa? karena pulau ini biasa dijadikan pulau untuk tempat berlabuh dan menginap sebelum menjelajah pulau-pulau indah lain di sekelilingnya. Pulau Harapan bagaikan pintu ajaibnya Doraemon yang bisa mengantarkan kita ke mana pun yang kita mau. Tak sulit menemukan penginapan atau homestay di pulau ini karena pulau ini berpenghuni. Untuk hoping island atau menjelajah pulau, kita dapat berkoordinasi dengan warga setempat. Mereka akan menyediakan alat-alat snorkeling dan keperluan lain yang kita butuhkan untuk menjelajah dengan harga yang bisa dinego. Jika pandai merayu atau membawa rombongan maka harga bisa semakin murah. Namun jika Anda tidak ingin repot, maka Anda bisa mengunjungi Kepulauan Seribu melalui tour organizer yang sudah menjamur jumlahnya. 



Pasir Putih Pulau Bulat


Pulau Bira Besar

Pulau-pulau indah yang dapat dikunjungi sebagai bonus karena telah mengunjungi Pulau Harapan antara lain Pulau Macan, Pulau Bira, Pulau Perak, Pulau Gosong, Pulau Bulat, dan beberapa pulau lainnya jika waktu liburan Anda cukup panjang. Wisata Pulau di Kepulauan Seribu sangat cocok untuk dijadikan ajang berkumpul dengan keluarga, teman, atau acara kantor sekalipun.


Bagi pecinta keindahan bawah laut, kawasan pulau tersebut memiliki pesona bawah laut yang tidak usah diragukan. Snorkeling site yang terkenal adalah Pulau Macan. Dari atas perahu saja kita sudah bisa melihat keindahan terumbu karang, ikan, dan hewan laut lainnya karena beningnnya air laut di sana. Jika kita menyelam baik snorkeling, free dive, atau scuba diving maka keindahan tersebut akan lebih terasa nyata di depan mata. Saya menjuluki laut di sekitar Pulau Macan dengan nama Crystal Clear Sea.


Snorkeling di Pulau Macan

View Pulau Perak


Sunset Pulau Perak


Berdasarkan pengalaman, tempat yang paling baik untuk melihat matahari terbenam adalah Pulau Perak, Jika Anda berniat untuk mengunjunginya maka jadikan pulau ini sebagai destinasi terakhir di sore hari sebelum kembali ke Pulau Harapan. Panorama matahari terbenam yang indah tentunya sayang untuk dilewatkan dan wajib untuk diabadikan seperti foto di atas. 


Anda butuh liburan namun hanya punya waktu luang di akhir pekan? Jangan khawatir. Kepulauan Seribu lah jawabannya. Jangan lupa masukkan Pulau Harapan ke dalam daftar tempat yang ingin Anda kunjungi di Kepulauan Seribu ya. 



Selamat berlibur dan jangan lupa bahagia!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar